Oleh Abid Takalamingan (Ketua Lembaga Wakaf Syarikat Islam)

Kamis, 10 Oktober 2019, rombongan Lembaga Wakaf Syarikat Islam (LWSI) meeting dengan Kementerian Kehakiman Turki (Turkiye Commuriyeti Adalet Bakanligi).

Tim Lembaga Wakaf Syarikat Islam dipimpin oleh Pembina LWSI Hamdan Zoelva yang juga Ketua Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidzyiah Syarikat Islam. Sementara, Kementrian Turki dipimpin Wakil Menteri Mr. Ugerhan KUS di dampingi para pejabat kementerian lainnya.

Acara diawali dengan perkenalan dan setelah itu dilanjutkan dengan sharing informasi bergantian dari kedua belah pihak, dalam berbagai hal termasuk kemungkinan kerjasama Syarikat Islam (SI) dengan Kementerian Kehakiman, SI dengan Non Government Organization (NGO) Turki ataupun bisnis to bisnis.

Pertemuan yang dimulai jam 14.00 waktu Ankara berlangsung selama kurang lebih 1 jam dan dilaksanakan di ruang rapat resmi kementerian Kehakiman Turki.

Suasana penerimaan terhadap rombongan sangat terasa begitu formal (resmi), akan tetapi tetap dalam suasana bersahabat dan hangat, sehingga mengalir dengan lancar hingga akhir.

Dalam penyampaiannya, Wakil Menteri Kehakiman Turki tertarik dengan tiga hal. Pertama, Masalah tukar menukar informasi hukum. Kedua, Tukar menukar mahasiswa hukum antara SI dan Turki, dan Ketiga, Kementerian berminat membangun kerjasama yang lebih erat dalam membangun lembaga pendidikan hukum di Indonesia bersama Syarikat Islam.

Pembicaraan juga menyangkut sharing soal konstitusi masing-masing negara karena mereka mengetahui posisi Ketua Pimpinan Pusat/Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi di Indonesia, bahkan pernah menjadi presiden MK Asia yang pemilihannya terjadi di Turki pada tahun 2013 s/d 2015.

Entah mendapat bisikan dari siapa di akhiri pertemuan Wakil Menteri Kehakiman Turki mendoakan agar pak Hamdan Zoelva dapat menjadi salah seorang yang masuk dalam kabinet Indonesia Hebat jilid II dan diaminkan semua peserta.

Semoga.

sumber: suarasi.com